Jumat, 23 Desember 2011

Teknik Menggambar Pencil Art

Note: jangan gunakan cara ini untuk psikotes! :3
pencilart-1 rizmy-otlani.blogspot.com
Pencil Art dengan Teknik Arsiran Gelap


Pencil Art merupakan salah satu teknik menggambar yang paling disukai para pelukis sebab tidak memerlukan bahan yang rumit dan tekniknya pun lebih mudah daripada menggunakan teknik lukis yang lain.
Pencil Art, biasa menggunakan portrait foto orang sebagai modelnya meskipun bisa juga memakai model lain (misal bunga, binatang, dsb.) Bahan yang dibutuhkan sederhana, hanya selembar kertas putih (ukurannya bisa disesuaikan), pensil 2B, dan penghapus. Sederhana bukan? Yang paling kita perlukan selanjutnya hanya bagaimana permainan feeling kita. Enough :D . Nah, ini nih step-step yang harus dilakukan untuk membuat karya pencil art Anda sendiri tanpa menyewa pelukis ^^.
pencilart-8 rizmy-otlani.blogspot.com
Salah satu karya dengan model yg sama
*yg mau gratis cuma dia sih :D *
1. Siapkan alat dan bahan
Alat dan bahan yang dibutuhkan hanyalah:
  • Kertas putih (ukuran apa saja)
  • Pensil 2B
  • Penghapus
  • Rautan


Kualitas bahan yang Anda gunakan tentu saja mempengaruhi hasil gambar pencil Art Anda nantinya. Oleh karena itu, pilihlah kertas putih yang tidak terlalu tipis sehingga tidak akan robek saat Anda berkali-kali menghapus gambar Anda. Untuk pensil 2B, gunakan pensil 2B yang ujungnya empuk, tidak mudah patah. Pensil sangat berpengaruh terlebih dalam menghasilkan arsiran yang rata dan halus. Penghapus yang bersih sangat diperlukan. Seringkali kita merasa gambar kita kurang mirip dengan aslinya sehingga harus dihapus. Meskipun demikian, kerapian gambar juga menjadi perhatian utama. Jangan sampai penikmat gambar merasa risih saat melihat gambar kita yang “rembes”. T___T. Nah, untuk rautan ini diperlukan karena sewaktu-waktu pensil Anda mulai tidak nyaman digunakan, Anda dapat segera merautnya agar mempertahankan gambar Anda tetap rata dan artistik.

2. Siapkan portrait foto yang akan dijadikan model
Pilihlah foto portrait yang memang sudah ada nilai seninya (bisa Anda rasakan dengan jiwa seni Anda). Hal ini bisa dilihat dari bagaimana bayangan yang terbentuk di portrait, bagaimana posisi model, dan bagaimana ekspresi model. Menurut saya, foto portrait yang cocok dijadikan model menggambar pencil art adalah foto orang sedang tersenyum dalam kegelapan (kuntilanak kali yaaaa :D :D :D). Tapi memang hasil menggambar pencil art yang paling maksimal berdasarkan pengalaman penulis adalah foto dengan teknik arsiran bayangan gelap, namun tetap ekspresif.

Note: Simpan foto ini baik2 karena bisa jadi Anda tidak menyelesaikannya dalam satu hari jika mood Anda sangat buruk. (Asal jangan dijadikan sarana guna-guna ya fotonya :p )

3. Mulailah menggambar dengan kondisi mood yang ceria namun tetap fokus
Berikut ini tahapan-tahapan menggambar portrait wajah orang:
a. Gunakan garis halus untuk membuat layout kepala (termasuk rambut) dan badan. Jangan sampai ukuran kepala tidak proporsional dengan badan (misal kepala kekecilan atau sebaliknya :3 ). Lupakan dulu masalah wajah.

b. Setelah merasa bahwa layout kepala dan badan sudah sesuai dengan portrait foto, lanjutkan dengan membuat garis-garis halus untuk membentuk bagian alis, hidung, dan mulut (tinggalkan bagian mata). Usahakan semirip mungkin dengan foto. Cari ciri-ciri tertentu dari wajah orang tersebut, misalnya lesung pipi, cara senyum, cara mengangkat alis, lekukan hidung, dsb. Oleh karena itu, bagi pemula (seperti saya T__T), mungkin sulit menggambar wajah orang yang tidak pernah kita temui (Cuma lihat di foto saja), karena kita tidak tahu ciri-ciri fisik yang menonjol dari orang itu. Setelah Anda megetahui ciri-ciri wajah yang menonjol, segera beri penegasan pada garis tersebut (ingat, penekanan garis pun harus natural, tidak boleh terlalu menekan, asal terlihat tegas).
pencilart-5 rizmy-otlani.blogspot.com
Detail Wajah Menentukan Kemiripan
c. Nah, jika Anda merasa bahwa bagian alis, hidung, bibir, rambut sudah mirip, sekarang saatnya lanjut ke bagian yang paling sulit dan yang paling mencerminkan kehidupan, yaitu bagian mata. Bagian mata ini dimulai dari kelopak atas, (harus mengikuti garis yang ada di foto karena sedikit saja Anda salah menarik garis, resiko ketidakmiripan akan 99% terjadi). Tarik sampai ke ujung dalam mata. Setelah itu, buatlah bagian bulatan mata –matanya sekalian dihitamkan juga yaa. (Note: biasanya foto menghadap kamera, jadi usahakan Anda menyisakan bulatan putih pas di tengah sehingga terkesan lukisan juga memandang Anda). Lakukan juga untuk mata di sebelahnya. Nah, yang terakhir, goreskan garis tipis di bawah mata. Kenapa tipis dan tidak setegas kelopak atas? Karena semua orang memiliki bulu mata yang lebih tipis di bagian kelopak bawah daripada atas sehingga tanpa makeup, kelopak bawah mata seseorang hampir tidak terlihat jika divisualisasikan dalam gambar.

d. Sekarang nih saatnya finishing. Jika Anda merasa gambar Anda sudah mantap, segera ulangi semua garis-yang sudah Anda buat dengan lebih tegas, karena goresan yang tegas terlihat lebih indah.

e. Oke, sekarang sudah jadi gambar Anda…Mmmm… tapi masih ada yang kurang? Yup benar! Gambar Anda tidak akan hidup dan artistik tanpa arsiran. Bagian berikutnya akan menjawab bagaimana cara membuat arsiran yang baik.

4. Teknik Arsiran Pencil Art
Teknik arsiran yang digunakan untuk menggambar pencil art bisa bermacam-macam. Ada titik, garis putus-putus, atau juga yang sering saya gunakan adalah garis-garis panjang searah.  Nah, bagi yang masih pemula (seperti saya T_____T), garis-garis panjang searah merupakan teknik arsiran yang paling gampang dan tida memakan waktu lama. Caranya adalah:

a. lakukan arsiran terlebih dulu untuk bagian rambut (ingat, arsiran rambut tidak boleh searah karena ngga lucu kan rambut kita berdiri tegak ke arah kiri atau kanan atau atas tanpa menggunakan wax?). Arsiran rambut ini dilakukan dengan natural (ikuti foto), gariskan lengkungan tegas satu persatu seolah-olah Anda sedang menggambar helai-helai rambut. Tidak perlu khawatir memakan waktu yang lama karena lebar goresan Anda lebih tebal dari rambut Anda. Lakukan terus menerus garisan-garisan itu dan beri garis pula pada bagian sela-sela rambut yang masih kosong.

b. Setelah rambut selesai, lanjutkan ke bagian wajah dan leher, berikan arsiran-arsiran halus yang memberi kesan bayangan pada wajah (ingat, jadikan foto Anda sebagai acuan dalam menggambar).

c. Langkah ketiga dalam membuat arsiran pencil art adalah membuat arsiran pada bagian baju. Untuk membuat arsiran baju yang natural adalah mencermati detail (misal lekukan-lekukan baju, daerah gelap, daerah terang, logo baju, dsb.). Cara membuat lekukan-lekukan  baju adalah dengan membuat garis paralel, atau garis V terbalik, pada setiap bagian baju. Nah, setelah itu, beri arsiran bayangan tegas di sisi luar dari garis-garis tersebut. Dengan demikian, seolah-olah yang berwarna putih adalah bagian baju yang terlipat ke luar, sementara yang berwarna gelap adalah bagian baju yang terlipat ke dalam.

e. Ini nih bagian yang paling asik dari keseluruhan menggambar pencil art. Anda sekarang mengarsir lingkungan (di luar dari wajah). Yang perlu Anda lakukan adalah cermati foto, bagian kanan atau kirikah yang cenderung gelap? Segera lakukan arsiran panjang searah (ingat, harus searah ya kalau ingin rapi), dengan tegas ke bagian yang gelap dan kurang tegas untuk bagian yang kurang gelap. Gunakan feeling Anda untuk melihat apakah arsiran sudah artistic atau belum (Arsiran artistic tidak mengharuskan Anda mengeblok semua bagian luar badan dan wajah loh, sisakan bagian-bagian tertentu yang harus Anda biarkan putih). Nah, arsiran lebih lanjut adalah di bagian wajah (untuk portrait foto gelap). Perhatikan bayangan ada di wajah sebelah kanan atau kiri (atau bagian lainnya), beri garis yang sangaaaaat halus untuk membatasi bayangan dengan bagian yang terang. Nah, setelah itu, segera beri arsiran panjang dan tegas untuk bagian yang gelap. Lakukan sampai menerobos batas pipi atau telinga jika memang diperlukan. Buatlah arsiran lingkungan dengan arsiran wajah menjadi satu. Ini akan menimbulkan kesan misterius, elegan dan super artistic. Ingat! Jangan pernah ragu melakukan arsiran karena arsiranlah yang memberi kesan hidup pada gambar Pencil Art Anda.

Sekarang Anda sudah mulai bisa mencoba menggambar foto-foto orang di sekitar Anda (asal yang mau jadi model gratis seperti orang yang saya gambar ini :D :D :D ). Jangan memilih foto Anda sendiri karena seorang pelukis tidak mampu melukis dirinya sendiri (bagi yang pemula seperti saya T_______T).
Selamat menggambar pencil Art! :D (Rizmy Otlani Novastria)

galeripencilart rizmy-otlani.blogspot.com
My Galeri ^^



3 komentar:

  1. Wah keren my, tapi kok si agnan jadi chubby gitu ya? hahaha

    BalasHapus
  2. Bukannya emang chubby yaaa @_@...#polos :D
    *maklum galih, saya masih pemula T____T

    BalasHapus
  3. Wahhh kerennn..
    ini sih namanya bukan pemula.. udah jago..

    BalasHapus