Sabtu, 13 Oktober 2012

Galau Psikotes


Psikotes CPNS sepertinya menjadi sebuah momok menakutkan berikutnya yang dialami oleh mahasiswa dan mahasiswi STAN pasca perkuliahan. Padahal, psikotes yang akan dijalani oleh alumni STAN tidak serumit psikotes yang dialami oleh para pelamar CPNS sesungguhnya. 
Berdasarkan pengalaman yang telah saya dan alumni 2011 alami, untuk menghadapi Psikotes hanya dibutuhkan kesiapan mental, manajemen waktu, dan latihan rutin. Berikut ini saya akan sharing-sharing saja tes-tes seperti apa yang kami hadapi tersebut:

PSIKOTES TAHAP PERTAMA
Ketika Anda masih fresh, psikotes tahap pertama ini dihadirkan di hadapan Anda murni untuk menguji logika Anda (karena logika kan jalannya waktu otak masih fresh, hehe). Nah, soal yang dilaksanakan ada dua macam:
1. Tes Deret Aritmatika Sederhana
Tidak perlu Anda menggunakan  rumus-rumus deret aritmatika Sn, S1, S2, dst. seperti yang Anda pelajari waktu SMA. Anda cukup mengandalkan kebersihan hati yang akan berbuah pada kejernihan logika :). Tapi ingat, jam terbang latihan juga perlu di sini. 

2. Tes Logika Gambar
Tes logika gambar mungkin agak sedikit membingungkan bagi Anda yang tidak suka belajar dengan model visual. Di sini Anda dihadapkan pada deret gambar dan Anda diminta untuk menentukan kelanjutan gambar. Bisa juga Anda diminta untuk membayangkan sebuah kubus dengan pola-pola gambar tertentu yang jika diuraikan menjadi 2 dimensi harus membentuk kubus yang ada pada soal. 

Ingat, kuncinya adalah kejernihan pikiran dan jam terbang!

PSIKOTES TAHAP KEDUA
Tujuan psikotes tahap kedua adalah menguji seberapa "peka" perhatian Anda terhadap kebahasaan, khususnya bahasa Indonesia. Seseorang yang logikanya bagus, belum tentu tata kebahasaannya juga bagus. Everything must be balance. Tes yang biasanya diadakan pada tahap kedua ini terdiri dari :
1. Tes Analogi 
Seperti biasa, psikotes jenis ini membandingkan pasangan kata yang memiliki sistematika tersendiri.
Contohnya: Dokter : Resep // Apotek : Obat
Cara mengerjakan tes ini cukup Anda susun kata-kata tersebut sehingga membentuk kalimat. yang logis.
"Dokter memberi resep // Apotek memberi obat"

2. Tes Antonim & Tes Sinonim
Tes antomin menugaskan Anda untuk memilih kata yang berlawanan arti dengan soal, sementara tes sinonim menugaskan Anda untuk memilih kata yang memiliki arti sama dengan soal.
Ingat ya, meskipun sepele tapi manajemen waktu sangat penting di sini karena waktu yang disediakan biasanya sangat sedikit karena Anda dianggap telah terbiasa dengan bahasa Indonesia sehari-harinya :)

PSIKOTES TAHAP KETIGA
Psikotes yang kami hadapi di bagian ketiga berupa tes ketelitian. Logika yang Oke ditunjang tata bahasa yang "Zuldemort" ;P, ternyata belum menjamin Anda lulus dari CPNS! Ingat kembali tujuan awal Anda masuk STAN. Anda akan berkecimpung dalam dunia pemerintahan dan sebagian besar akan terjun ke dalam instansi di bawah payung "Kementerian Keuangan". Semua pekerjaan di instansi tersebut membutuhkan orang-orang yang teliti. Oleh karena itu, tes tahap ketiga ini tidak boleh luput dari tes yang diujikan untuk alumni STAN. 

Tes ketelitian ini berupa sekumpulan "mantra-mantra tak terbaca" pada kertas seukuran folio yang dibagi ke dalam dua bagian dipisahkan oleh garis tengah. Bagian kiri adalah sekelompok angka dan huruf (kira-kira 8 huruf dan angka) yang diberikan tanda garis bawah pada salah satu huruf/angkanya. Sementara itu, bagian kanan adalah lembar jawaban yang juga berisi sekelompok angka dan huruf yang sama namun susunannya acak. Nah, tugas Anda "hanya" mencari angka/huruf yang digarisbawahi pada sebelah kiri dan Anda temukan angka/huruf tersebut pada bagian kertas sebelah kanan. 

Be Aware! Hati-hati huruf besar dan kecil seringkali mengecoh. Bedakan angka 0 dengan huruf o, serta bedakan dengan jelas antara huruf g dan q karena keduanya hampir mirip (sebenarnya ga mirip sih kalau kalian masih fokus pada tahap ini :D)

Soal yang disediakan sekitar 200 soal yang harus dikerjakan dalam waktu super minim. Ingat, manajemen waktu :)

PSIKOTES TAHAP KEEMPAT
Nah, pasti mata Anda sudah mulai buram, bosan, jenuh, dan Anda berharap badai  segera berlalu. Ternyata justru tahap inilah yang digunakan penguji untuk mengetes seberapa komitmen, seberapa konsisten, dan seberapa "setia" Anda dengan soal psikotes.

Inilah Tes Koran!!!!
Anda akan diberikan selembar kertas seukuran koran yang berisi "berita menyegarkan". Berita tersebut adalah sederetan panjang angka-angka acak mulai yang tersusun memenuhi seluruh "koran". Tugas Anda adalah menuliskan angka terakhir dari jumlah angka-angka yang bersebelahan. 

Tips:
1. Waktu yang diberikan setiap "sesi" berupa ketukan adalah flat 1 menit. Setiap menit berakhir Anda harus membubuhkan garis tanda bahwa Anda pada ketukan tersebut lalu segera melanjutkan penjumlahan berikutnya. Ingat, manajemen waktu dan jam terbang Anda sangat menentukan keberhasilan.

2. Jangan ulangi kesalahan beberapa alumni 2011 yang menjumlahkan secara lompat-lompat. Setiap angka yang bersebelahan harus dijumlahkan.

3. Meskipun tangan kram, mata berkunang-kunang dan Anda hampir pingsan, ingat
Jangan menyerah - by The Massive ^^

PSIKOTES TAHAP KELIMA
Saatnya free time...^^
Tes yang berkaitan dengan skill Anda telah berakhir. Akan tetapi, apakah arti skill yang hebat dan otak yang cerdas jika Anda tidak memiliki attitude?

Nah, tahap kelima ini lebih mengarah kepada kepribadian seseorang. Bentuk pertanyaannya adalah seperti "Kesuksesan apa yang paling Anda ingat? Ceritakan dalam paragraf!" dsb.

Ceritakan apa adanya karena semua kepribadian Anda sebenarnya dapat dibaca secara intuisi sejak tahap pertama dimulai. 

PSIKOTES TAHAP KEENAM
Psikotes akan diakhiri dengan kegiatan bersenang-senang, yaitu menggambar. Anda akan diminta untuk menggambar pohon, orang, dan tes Wartegg.
Untuk lebih jelasnya silakan baca di postingan saya pada sebuah website berikut.





Semoga tulisan di atas tersebut bermanfaat serta mampu menumbuhkan kepercayaan diri Anda yang akan menghadapi psikotes. Buat nambah semangat, nih baca juga ringkasan the secret:


Just do and pray for the best guy ;). 
Dream, Believe, and Make it Happen ~ Agnes Monica ^^.

Rizmy Otlani Novastria
Tulisan ini dibuat by Request beberapa alumni 2012 STAN :)

3 komentar: